BENTUK BENTUK KOMUNIKASI DAN TUJUANNYA




Assalamualaikum sob..

Berjumpa lagi dengan saya Rafli Eka Nugraha sebagai penulis blog keren ini hehe. Pada pembahasan sebelumnya saya telah menjelaskan definisi Komunikasi dan Miskomunikasi (untuk yang belum baca boleh mampir ke : https://raflienugraha.blogspot.com/2019/09/komunikasi-dan-miskomunikasi.html), Alhamdulillah sekarang saya diberi kesempatan untuk membuat blog lagi dengan pembahasan yang berbeda namun tetap berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, pembahasan kali ini yaitu tentang Bentuk-Bentuk Komunikasi dan Tujuan Mengapa Kita Perlu Mengetahui Bentuk-Bentuk Komunikasi.


Untuk lebih jelasnya, langsung saja ke pembahasan ya sob!


BENTUK BENTUK KOMUNIKASI



Tanpa kita sadari ternyata komunikasi bukan sekedar penyampaian informasi/pesan biasa. Komunikasi juga memiliki macam bentuk atau terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang memiliki definisi tersendiri. Dalam hal ini, komunikasi terbagi menjadi beberapa bentuk, menurut penulis Anugerah Dino komunikasi terbagi atas komunikasi Intrapersonal , komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa. Berikut pembahasan lebih jelasnya sob.

1. Komunikasi Intrapersonal/Intrapribadi

Komunikasi Intrapribadi secara harfiah dapat diartikan sebagai komunikasi dengan diri sendiri. Proses komunikasi ini terjadi dimulai dari kegiatan menerima pesan/informasi, mengolah dan menyimpannya, serta menghasilkan kembali. 

Contoh kegiatan komunikasi intrapersonal yaitu berimajinasi, berdoa, bersyukur, intropeksi diri, dan lain sebagainya.

Seseorang sedang menyugestikan batu sebagai penawar rasa sakit perut.

2.  Komunikasi Interpersonal/Antarpribadi

Komunikasi antarpribadi dapat diartikan sebagai proses pertukaran makna orang-orang yang sedang berkomunikasi. Komunikasi antarpribadi dapat terjadi apabila :
  • Melibatkan perilaku verbal (berbicara, mendengar) dan nonverbal (gambar, gerak tubuh)
  • Adanya umpan balik pribadi
  • Terjadi hubungan/interaksi yang berkelanjutan
  • Bersifat saling persuasif (meyakinkan)
Contoh komunikasi interpersonal




3. Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok dapat diartikan sebagai interaksi tatap muka tiga individu atau lebih untuk memperoleh maksud dan tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, memecahkan masalah, meminta saran dan pendapat, serta pemeliharaan diri (self maintenance).

Contoh kegiatan komunikasi kelompok antara lain, berdiskusi, rapat, seminar, ceramah dan lain-lain. Dalam komunikasi kelompok biasanya pesan atau informasi yang disampaikan menyangkut kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi.

Contoh komunikasi kelompok : Berdiskusi


4. Komunikasi Organisasi

Komunikasi organisasi adalah komunikasi antarmanusia yang terjadi dalam hubungan organisasi. Komunikasi organisasi dapat berlangsung secara formal maupun nonformal dalam sebuah sistem yang disebut organisasi.

Pada umumnya komunikasi organisasi membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, hubungan antar manusia, komunikasi dan proses pengorganisasian, serta budaya organisasi.

Contoh komunikasi organisasi


5. Komunikasi Massa

Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan media (biasanya gadget) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, dan jarak yang jauh. Jadi, dapat diartikan bahwa komunikasi massa adalah pesan/informasi yang dikomunikasikan melalui media massa pada jumlaj orang yang banyak.

Ciri-ciri komunikasi massa adalah sebagai berikut :

  1. Komunikator biasanya suatu lembaga media massa 
  2. Hubungan antara komunikator dan komunikan bersifat umum
  3. Menggunakan media massa 
  4. Komunikan adalah massanya, yang bersifat heterogen
  5. Penyebaran pesan serentak pada saat yang bersamaan
  6. Umpan balik/feedback bersifat tidak langsung
Dari ciri-ciri tersebut, komunikasi massa dapat diartikan sebagai komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah besar khalayak yang tersebar, heterogen, melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat bersamaan.

Contoh komunikasi massa : Seseorang menginformasikan kepada seluruh anggota grup




Oke sob, itulah bentuk-bentuk dari komunikasi, lalu mengapa sih kita perlu tahu bentuk-bentuk komunikasi ? apa sih emangnya tujuan kita perlu tahu itu ?

Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan selanjutnya, scrolllll down sob!!

Tujuan Mengapa Kita Perlu Tahu Bentuk Komunikasi

Komunikasi pasti kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan kita sadari maupun tidak kita sadari. Saat kita melakukan sesuatu alangkah baiknya jika kita mengetahui tentang apa yang kita lakukan itu, apalagi kalau kita lakukan setiap hari. Gaada ruginya kok sob kita mengetahui apa itu komunikasi bagaimana bentuk komunikasi, justru kita bisa terlihat keren kalau kita mengetahui apa itu komunikasi dan bagaimana bentuk komunikasi itu, padahal kita bukan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi hehe. Jadi, alasan mengapa kita perlu tahu bentuk komunikasi menurut saya adalah  agar kita bisa menempatkan atau memposisikan diri bagaimana cara kita berkomunikasi karena pasti beda saat kita berkomunikasi pada diri sendiri, pada orang lain/antarpribadi, kelompok, massa, dan organisasi.





Oke sob, sampai disini dulu ya pembahasan blog kali ini. Semoga isi blog ini bermanfaat bagi sobat semua yang telah membaca, terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk mengunjungi blog ini. Mohon maaf bila terdapat kesalahan pada blog ini. Saya Rafli Eka Nugraha pamit. Namun akan kembali pada blog selanjutnya hehe. Sampai jumpa di blog selanjutnyaaaa😉😉














(Sumber : https://www.anugerahdino.com/2014/10/bentuk-bentuk-komunikasi.htmsl)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGKUTAN UMUM DAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

KOMUNIKASI DAN MISKOMUNIKASI