PERMASALAHAN PERKOTAAN




PERMASALAHAN PERKOTAAN 


Assalamualaikum sob...


Kembali lagi dengan saya Rafli Eka Nugraha sebagai penulis blog kece ini hehe. Pada blog kali ini pembahasannya mulai berbeda dengan blog sebelumnya yang membahas tentang komunikasi, dalam kesempatan ini saya akan  membahas masalah perkotaan dalam bentuk pertanyaan dan penjelasannya.

Sebelum ke pembahasan inti, apakah sobat semua sudah tahu apa bedanya kota dan perkotaan ? Oke, jadi menurut pemahaman saya Kota itu bisa dibilang bentuk fisiknya sedangkan Perkotaan adalah isinya atau bisa dibilang suatu wilayah yang didalamnya terdapat pemukiman, bangunan, pemerintahan, transportasi dan jalanan yang selalu terdapat aktivitas manusia dalam setiap waktunya.

Karena di perkotaan selalu ada aktivitas manusia setiap waktunya, maka tentunya perkotaan juga memiliki banyak masalah seperti manusia contohnya saya hehe. Dimana permasalahannya juga disebabkan oleh aktivitas manusia itu sendiri, lalu apa saja permasalahannya dan bagaimana solusinya ?

Mari sob kita simak pembahasannya dalam bentuk pertanyaan dan penjelasan dari saya


Bagaimana cara mengatasi kepadatan penduduk di perkotaan ?

Image result for kepadatan penduduk tanah abang

Masalah ini menurut saya adalah induk dari semua masalah di perkotaan, karena jika masalah ini tidak teratasi maka masalah yang lain akan muncul dan bertambah setiap waktunya. Jadi cara mengatasinya adalah :
  • Dengan melakukan program Transmigrasi yaitu perpindahan penduduk dari wilayah yang padat penduduknya ke wilayah yang masih jarang penduduknya. Biasanya cara ini diterapkan pemerintah kepada PNS atau pekerja lain dengan memindahtugaskan ke tempat yang masih jarang penduduk
  • Melakukan himbauan untuk mengikuti program KB terutama kepada masyrakat di kota yang padat penduduknya
  • Melakukan pemerataan pembangunan daerah, misalnya pemerintah provinsi Jawa Barat membangun perkantoran, tempat wisata, sekolah dan kampus di kota Purwakarta, jadi orang-orang tidak hanya memburu kota bandung sebagai tempat beraktivitas mereka.

Mengapa di perkotaan banyak terjadi ketimpangan sosial dan bagaimana cara mengatasinya ?



Ketimpangan sosial terjadi dikarenakan persaingan individu yang semakin ketat, dimana lowongan pekerjaan di suatu wilayah masih sedikit tetapi banyak penduduk yang berpindah ke wilayah tersebut untuk mencari pekerjaan, sehingga terjadi perbedaan yang mencolok antara individu yang berhasil bersaing dan gagal bersaing. Biasanya orang yang berhasil bersaing lebih dihormati dibanding orang yang gagal bersaing. Solusi yang bisa diberikan untuk mengatasi permasalahan ini adalah :
  • Memberikan pendidikan yang layak dan terjangkau, atau bahkan pendidikan gratis untuk orang yang kurang mampu
  • Membuka lowongan pekerjaan di setiap wilayah dan membatasi lowongan pekerjaan di wilayah yang sudah padat penduduknya
  • Meningkatkan fasilitas kota dan infrastruktur secara merata

Mengapa di perkotaan sering terjadi kemacetan dan bagaimana cara untuk mengatasi kemacetan tersebut ?


Kemacetan di kota terjadi akibat banyaknya penduduk yang memiliki kendaraan, sehingga volume kendaraan di jalanan terus meningkat sedangkan infrastruktur kota sulit untuk ditingkatkan akibat keterbatasan lahan. Cara mengatasi masalah kemacetan ini pada dasarnya dilakukan oleh penduduknya sendiri, dan ada juga cara pemerintah untuk mengatasi kemacetan. Berikut adalah cara mengatasi kemacetan :

  • Membatasi penggunaan kendaraan dengan cara menyulitkan pembuatan SIM dan menaikkan pajak kendaraan pribadi
  • Menambah kendaraan umum dan memprioritaskan kendaraan umum misalnya membuat jalur khusus kendaraan umum dan membebaskan kendaraan umum dari operasi lalu lintas
  • Menambah jalur Sistem Satu Arah (SSA) sehingga mengurangi penumpukan kendaraan biasanya dari arah berlawanan
  • Memperbaiki fasilitas umum seperti halte bus, trotoar, dan sistem penyebrangan orang agar penduduk merasa nyaman untuk berjalan kaki dan menaiki kendaraan umum sehingga mengurangi volume kendaraan pribadi 
Mengapa di perkotaan terjadi pencemaran lingkungan dan bagaimana cara mengatasi pencemaran lingkungan di perkotaan yang padat penduduknya ?


Pada dasarnya pencemaran lingkungan ini diakibatkan oleh aktivitas manusia, karena di perkotaan aktivitasnya padat maka padat pula limbah yang dihasilkan dan kurangnya kesadaran dari setiap individu merupakan penyebab utama pencemaran lingkungan, misalnya membuang sampah sembarangan, membuang limbah pabrik ke sungai tanpa proses penyaringan terlebih dahulu, pembuangan asap dari pabrik tanpa penyaringan. Berikut cara untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan :

  • Melakukan penataan wilayah yaitu memisahkan wilayah industri dengan pemukiman
  • Memberi sanksi berat kepada pabrik yang membuang limbah sembarangan tanpa disaring dan mewajibkan setiap pabrik untuk memiliki Instalasi Pengolahan Air limbah (IPAL) dan mewajibkan setiap pabrik melakukan penanaman pohon disekitar pabrik
  • Memberikan sanksi berat kepada orang-orang yang membuang sampah sembarangan dan membuang sampah  di sungai, misalnya jika seseorang ketahuan membuang sampah sembarangan, maka pelaku diminta untuk membersihkan jalanan selama seminggu.
  • Menghimbau masyarakat untuk melakukan kerja bakti setiap minggu dan melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon

Gimana sob keadaan kota kalian ? apakah aman aman aja atau mulai terjadi permasalahan seperti pembahasan diatas ? kita sebagai generasi muda sudah seharusnya bisa menjaga kota yang kita tempati agar tidak terjadi permasalahan seperti diatas. Mari jaga kota kita agar tetap nyaman dan aman dengan cara yang kita bisa ! Oke sob, mungkin cukup sekian pembahasan tentang permasalahan perkotaan dalam bentuk pertanyaan dan pembahasan dari saya. Semoga isi pembahasan blog saya ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membaca, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan pada blog ini, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan di komentar. Saya Rafli Eka Nugraha pamit, sampai jumpa di pembahasan blog selanjutnyaa 😀








Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGKUTAN UMUM DAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

KOMUNIKASI DAN MISKOMUNIKASI