KOMUNIKASI DAN MISKOMUNIKASI




Assalamualaikum sob


Halo sobat semua ! Apa kabarnya nih ? Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya. Sebelumnya, perkenalkan nama saya Rafli Eka Nugraha mahasiswa dari Institut Teknologi Nasional jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota angkatan 2019. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang komunikasi dan  miskomunikasi. Mungkin banyak dari sobat semua yang belum memahami atau belum menyadari arti dari komunikasi dan miskomunikasi itu sendiri, padahal tanpa disadari kedua hal itu sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Oke langsung saja ke pembahasannya ya sob...

KOMUNIKASI

Menurut KBBI Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. 

Sedangkan menurut Wikipedia Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.


Dan menurut saya pribadi, pengertian komunikasi itu sendiri ialah penyampaian pikiran, pesan, rasa, serta informasi dari seseorang atau kelompok kepada orang lain dengan cara berbicara, melalui peragaan atau tingkah laku, atau melalui media lain seperti gambar, video, maupun tulisan.


Nah itulah pengertian komunikasi dari 2 sumber yang terpercaya yang saya ambil dan menurut saya pribadi, dalam komunikasi juga tentunya ada permasalahan yang biasa kita kenal dengan sebutan "Miskomunikasi". Lalu, sebenarnya apa sih arti dari Miskomunikasi itu ?

Oke mari simak pembahasan selanjutnya ya sob


MISKOMUNIKASI



Miskomunikasi dapat diartikan sebagai kesalahpahaman kedua belah pihak saat berkomunikasi akibat kurang sampainya informasi yang diberikan, informasi yang diberikan kurang jelas, perbedaan pendapat satu sama lain, serta perbedaan pengetahuan dan pengalaman. 



Cara kita untuk menyelesaikan masalah miskomunikasi ini ialah 
  • Memahami dan memastikan bahwa informasi yang disampaikan benar dan baik untuk dilakukan atau diikuti.
  • Bertanya apabila ada informasi yang diberikan kurang jelas.
  • Apabila ada perbedaan pendapat bisa dibicarakan baik-baik, dan menjelaskan sebaik mungkin pendapat kita jika dirasa pendapat kita lebih baik dari yang lain
Untuk mempermudah sobat memahami tentang komunikasi dan miskomunikasi, saya juga menyertakan mind mapping untuk pembahasan kali ini.






















Lumayan membantu kan ?



Tidak terasa ya sob, akhirnya pembahasan tentang Komunikasi dan Miskomunikasi dari saya sudah selesai, semoga sobat semua dapat memahami arti komunikasi dan miskomunikasi sehingga sobat semua dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menghindari miskomunikasi. Saya harap tulisan saya ini bermanfaat bagi sobat semua yang telah membaca 😄. Sebelum pamit, saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan maupun pengartian dalam pembahasan ini. Saya Rafli Eka Nugraha Pamit. Sampai jumpa di blog selanjutnyaaa😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGKUTAN UMUM DAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA